Langsung ke konten utama

Salah Satu Kunci Kesuksesan Adalah Fokus Dengan Tujuan

 




THE POWER OF FOCUS

Reno memang kreatif dan serbabisa. Dia jago memainkan saksofon, piano, drum, dan gitar. Vokalnya juga memadai. Pantaslah bila setiap kali ada pentas di kampusnya, orang selalu menantikan kemunculannya. Reno bahkan punya toko alat musik dekat kampusnya, tak jauh dari stasiun radio tempat dia siaran rutin dari hari Senin sampai hari Sabtu.

Belakangan, Reno semakin banyak menerima undangan naik panggung sebagai penyanyi. Jadwalnya sebagai penyiar radio pun terbengkalai. Dia sudah dua kali menerima surat peringatan dari manajernya. Demikian pula dengan toko alat musik yang baru dirintisnya. Awalnya masih rutin buka dari pukul 10.00-21.00, namun lamalama lebih sering tutup karena tidak ada yang menjaga. Sudah lima tahun berjalan Reno masih seperti itu. Kemampuan bermusiknya stagnan, toko musik tutup, dan dia tak lagi dipakai di stasiun radio karena kontraknya diputus.

Berapa banyak orang bertalenta yang akhirnya tidak punya nama? Gagal mencapai visi dan tenggelam tanpa kesuksesan berarti? Tentu banyak. Bahkan tanpa disadari, bisa jadi kita ada di deretan kelompok ini.

Di lain pihak, ada juga orang bertalenta yang prestasinya terus meroket, sebut saja misalnya Michael Jordan, Bill Gates, Warren Buffett, dan di Indonesia kita kenal Chris John. Apa kunci kesuksesan deretan orang top ini?

Sampai hari ini, Michael Jordan tetap dikenal sebagai pemain basket paling sensasional dan inspiratif. Bahkan, karena popularitasnya, namanya diabadikan sebagai salah satu lini merek sepatu buatan Nike, yaitu Air Jordan. 

Mengapa Michael Jordan bisa sukses dengan gemilang di bidang olahraga basket? Karena fokus perhatiannya tertuju pada olahraga lempar bola ini. 

Anda pasti kenal Michael Jordan. Sosok tinggi besar berkepala botak ini sudah sangat mendunia. Namun, ketika mengawali karier sebagai seorang atlet, Michael Jordan ternyata juga memiliki kecenderungan yang sama persis dengan kita, yaitu ingin menguasai banyak keahlian sekaligus. 

Salah satu bidang olahraga lain yang ingin dikuasai atlet basket terbaik versi ESPN ini adalah golf. Ternyata, Michael Jordan tidak hanya sekadar iseng ingin menjadi atlet golf jempolan. Dia justru memendam keinginan yang sangat serius. Bahkan sewaktu menikah, venue resepsi pesta pernikahannya diselenggarakan di salah satu tempat latihan golf. 

Namun, sejarah harus membuktikan berulang kali bahwa memiliki kemauan keras dan usaha serius saja kadang tidak cukup untuk berhasil mencapai tujuan. Lantas, apa kunci sukses Michael Jordan? FOKUS! Dia hanya memiliki satu track olahraga meski mampu dan berprestasi di banyak cabang olahraga. Dia hanya mengambil satu dan hanya satu yang dia tekuni dengan sangat profesional, yakni basket.

Orang-orang sukses adalah mereka yang membidik hanya satu visi dalam kehidupannya. Suatu ketika Bill Gates dan Warren Buffett diberi pertanyaan, hal apa yang paling bisa mendeskripsikannya. Ternyata jawaban kedua orang terkaya dunia ini sama, yaitu fokus.

Dari jawaban ini dapat kita simpulkan bahwa kalau ingin berhasil, dibutuhkan fokus.

Orang-orang sukses adalah mereka yang membidik hanya satu visi dalam kehidupannya.

Saya pernah bertemu seorang petinju nasional asal Banjarnegara dan sekarang tinggal di Kota Semarang. Siapa dia? Yohannes Christian John, atau lebih dikenal sebagai Chris John.

Dari catatan panjang Chris John, saya langsung menaruh hormat. Petinju muda ini mencatatkan rekor sebagai juara dunia kelas bulu pertama yang berasal dari Indonesia, petinju kedua terlama yang menjadi juara dunia kelas bulu sepanjang masa, serta peringkat kedua dalam daftar petinju yang paling sering mempertahankan gelar juara dunia kelas bulu sepanjang masa. Dia juga tercatat sebagai petinju Indonesia kelima yang berhasil meraih gelar juara dunia, setelah Ellyas Pical, Nico Thomas, Ajib Albarado, dan Suwito Lagola.

Dalam salah satu pertemuan santai dengannya, saya jadi tahu apa kunci suksesnya. “Saat naik ring, saya selalu berfokus untuk menjatuhkan lawan,” tutur Chris John.

Mengapa teroris bisa sukses dan militan? Karena mereka fokus. Saya beri contoh The Power of focus. Mengapa Hitler bisa berhasil membunuh banyak orang? Karena dia berfokus. Kita bayangkan jika kita berfokus pada hal-hal positif, bukan pada hal-hal negatif, dampaknya pasti akan sangat dahsyat dan membantu banyak orang.

Agar berhasil, berfokus sangatlah penting. Banyak sekali orang yang gagal meraih target karena mereka salah atau tidak berfokus. Banyak juga di antara kita yang berusaha melakukan banyak hal yang tidak jelas. Goal-goal yang kita impikan terlalu banyak. Target kita pun terlalu banyak. Demikian pula dengan aktivitas kita yang terlalu beragam yang sama sekali tidak ada hubungannya dengan produktivitas kita. Kita pun disibukkan dengan ini dan itu yang sama sekali tidak berhubungan dengan tujuan hidup kita. Apa yang kemudian terjadi? Gerak-gerik kita menjadi tidak terarah. 

Terkadang kita sudah mengerahkan seluruh energi, namun tidak berfokus bahkan menghabiskan waktu untuk hal-hal yang salah arah. Kita bukanlah pelari yang terus maju tanpa arah, bukan pula nelayan tanpa navigasi. Orang yang bekerja keras tanpa berfokus pada tujuan, hidupnya akan penuh kesibukan yang tidak produktif. Kita harus memiliki fokus. Itulah kunci kesuksesan yang dipegang orang-orang besar pemimpin dunia bisnis.

Pertanyaan besarnya, mengapa ada orang bisa sukses seperti Chris John dan ada orang gagal sukses seperti Reno? Padahal mereka sama-sama bertalenta, samasama berpeluang besar untuk merintis karier, sama-sama muda, dan hidup pada zaman yang sama?

Jawaban saya adalah karena orang-orang seperti Reno tersandung oleh satu dua hal, yakni salah fokus atau gagal fokus. Saya akan jelaskan secara detail.

Fokus adalah andalan semua pihak untuk bisa mencapai visi. Tidak peduli baik atau buruknya visi itu.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Review: Buku Kunci Kesuksesan (Full Testimoni)

“Dari berbagai buku tentang kunci-kunci kesuksesan yang pernah saya baca, baru buku ini yang dikemas sangat ringan, to the point, dan mengena banget, selain juga membahas kebiasaan kita sehari-hari yang menyebabkan terhambat atau terhalangnya kesuksesan kita. Buku ini sangat inspiratif dan intinya dari saya, kalau mau sukses, kuncinya ada di buku ini. Keren!” —Tissa Biani, aktris, penyanyi “Inspiratif! Buku yang dapat memandu dalam perjalanan menuju kesuksesan Anda. Baca buku ini, perjuangkan mimpi Anda dan berkaryalah bagi negara kita tercinta. Indonesia, Pasti Bisa!” —Merry Riana, entrepreneur, influencer, educator, TV Host “I’m Possible” di Metro TV “Buku ini memiliki aura positif karena pembahasannya sangat lengkap, tidak hanya dari segi mental, tetapi juga emosi. Good job! Pastikan semua orang membaca buku ini.” —Tom Mc Ifle, founder & CEO Top Coach Indonesia “Setiap orang ingin sukses. Namun, tidak sedikit yang belum menemukan caranya. Buku

Utamakan MISI Diatas KOMISI! Berusahalah Untuk Memperbesar MISI, Maka KOMISI Akan Mengikuti Otomatis

Kejarlah MISI, bukan KOMISI! Saya juga pernah termasuk sebagai orang yang mati-matian mengejar komisi atau uang, namun hal tersebut justru menghambat bisnis kita. Akhirnya saya sadar bahwa KOMISI mengikuti MISI, bukan sebaliknya. Ingat! Satu-satunya cara untuk memperbesar KOMISI kita adalah dengan memperbesar MISI kita! Apa Misi dalam hidup Anda? Apakah Visi, Goal dan Tujuan Hidup Anda yang lebih dari pada uang? Kejarlah itu, maka komisi akan mengikuti. Salam Sukses! --- Jangan Lupa : 1. Subscribe! 2. Klik Tombol Lonceng!! 3. Dapatkan Buku Kunci Kesuksesan!!! Website: https://bukusukses.com Tokopedia: https://ift.tt/2KYxJrF